Cara Tepat Mengatur Keuangan saat Travelling

Liburan merupakan saat yang paling ditunggu oleh setiap orang. Liburan dijadikan saran untuk merefresh pikiran dan hati yang telah lelah dengan kepenatan rutinitas harian. Sebagian orang memilih mengisi liburannya untuk travelling ke berbagai tempat. Mereka akan melakukannya bersama dengan pasangan, keluarga, maupun rekan kerjanya. Travelling akan menjadi hal yang seru dan menyenangkan. Saking menyenangkannya terkadang orang – orang sering kalap menghabiskan uangnya untuk travelling saat liburan.

Atur Budget Travelling Anda dengan Pintar

Agar kegiatan travelling tetap menyenangkan dan tidak menjadi bahaya bagi keuangan Anda, Anda perlu melakukan berbagai tips mengatur keuangan. Hal ini sangat penting, mengingat kebutuhan Anda tidaklah berhenti untuk membiayai liburan saja. Akan tetapi, banyak hal lain yang membutuhkan biaya setelahnya. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatur keuangan atau budget travelling agar liburan Anda tetap seru tetapi tetap terkontrol.

  1. Planning yang Serius

Sebelum pergi travelling, buatlah planning secara matang. Rencanakan mulai dari kemana Anda akan pergi, dengan siapa Anda akan pergi dan berapa lama Anda akan pergi. Kemudian perhitungkanlah biaya mulai dari transport, biaya konsumsi saat di lokasi liburan, biaya membeli oleh – oleh dan pengeluaran lain saat Anda sedang liburan.

Planning yang matang akan membantumu mengira – ngira berapa besar dana yang akan dikeluarkan. Anda juga bisa mengatur waktu yang tepat dan mengajak orang – orang terdekat untuk pergi travelling bersama Anda.

  1. Menyisihkan Uang

Setelah membuat rencana dengan matang, mulailah menyisihkan uang untuk ditabung demi persiapan liburan Anda. Kurangi mengeluarkan biaya untuk keperluan yang tidak perlu. Prioritaskan pengeluaran Anda untuk kebutuhan yang penting dan mendesak sementara waktu.

  1. Memberikan Hadiah Secukupnya

Saat pergi liburan pastinya ingin membelikan oleh – oleh untuk orang – orang di sekitar Anda. Buatlah list siapa saja yang akan diberi oleh – oleh. Belilah oleh – oleh secukupnya, tak perlu yang terlalu mahal. Esensi penting dari memberikan oleh – oleh adalah kepedulian Anda terhadap orang yang diberi oleh – oleh. Tak apa jika membelikan oleh – oleh mainstream seperti gantungan kunci atau kaos.

  1. Mencari Tempat Liburan yang Tidak Terlalu Mahal

Saat travelling momen terpentingnya adalah Anda pergi untuk merefresh pikiran dan hati Anda dari kepenatan. Cukup kunjungi lokasi – lokasi yang bagus untuk spot foto. Lokasi – lokasi ini tidak harus berada di tempat yang mahal. Disini dibutuhkan kekreatifan Anda dalam memilih lokasi foto.

  1. Memanfaatkan Promosi

Saat musim liburan biasanya banyak promo – promo yang ditawarkan. Manfaatkan promo tiket penerbangan agar biaya transport liburan Anda dapat diperhemat. Selain itu, manfaatkan pula promo hotel atau tempat tinggal untuk menginap saat liburan. Biasanya Anda akan mendapatkan promo – promo ini ketika membeli tiket pesawat maupun hotel secara online. Oleh sebab itu, manfaatkanlah kesempatan tersebut.

Mengatur Keuangan Setelah Selesai Berlibur

Permasalahan keuangan biasanya akan muncul setelah kegiatan travelling. Terutama untuk Anda yang tidak bisa mengelola pengeluaran saat pergi liburan. Selain mengembalikan semangat kerja kegiatan membenahi keuangan setalah liburan menjadi hal yang penting dan harus dilakukan pula.

Berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengelola keuangan pasca liburan :

  1. Mencatat Pengeluaran Harian

Setelah liburan, cobalah mulai mencatat pengeluaran harian Anda.  Mencatat pengeluaran dilakukan untuk mengetahui kondisi keuangan Anda saat ini. dengan mencatat juga akan membuat Anda lebih berhemat. Pasalnya Anda akan selalu menghitung setiap dana yang Anda keluarkan. Hal ini dapat mengerem Anda untuk mengeluarkan dana lagi, karena sudah tahu berapa dana yang telah dikeluarkan dalam satu hari.

  1. Menambah Ketersediaan Dana Darurat

Dana darurat biaya berupa dana simpanan yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan darurat. Jika saat liburan sebelumnya Anda menggunakan dana darurat, maka cepatlah kembalikan dana tersebut. Anda juga harus mulai bisa menambah jumlah dana darurat Anda. Ketersediaan dana darurat sangat penting, jika suatu saat tiba – tiba Anda membutuhkannya.

  1. Mengurangi Pengeluaran Konsumtif

Kontrol pengeluaran Anda, jangan terlalu senang berbelanja. Belanjakanlah uang Anda untuk memenuhi kebutuhan sehari – sehari. Sementara waktu berhentilah membeli barang – barang yang belum begitu Anda perlukan. Sebaliknya Anda bisa membelanjakan uang Anda untuk pengeluaran produktif seperti berinvestasi. Anda dapat membeli emas atau benda lain yang dapat menjadi investasi waktu yang datang.

Demikianlah artikel tentang bagaimana cara mengatur keuangan sebelum dan sesudah liburan. Kelolalah uang Anda sebaik mungkin. Pastikan Anda tidak pernah membuat kesalahan seperti istilah lebih besar pasak dari pada tiang. Buatlah rencana libur Anda sebaik mungkin. Kontrol pengeluaran selama liburan demi pasca liburan yang lebih baik. Jangan sampai liburan malah menjadi bencana bagi keuangan Anda. Happy travelling, semoga liburmu menyenangkan.